Penelitian Tindakan Kelas Refleksi
Penelitian Tindakan Kelas Refleksi
Refleksi
Yang dimaksud dengan refleksi adalah mengingat dan merenungkan
kembali suatu tindakan persis seperti yang telah dicatat dalam observasi. Lewat
refleksi Anda berusaha (1) memahami proses, masalah, persoalan, dan kendala
yang nyata dalam tindakan strategik, dengan mempertimbangkan ragam
perspektif yang mungkin ada dalam situasi pembelejaran kelas, dan (2)
memahami persoalan pembelajaran dan keadaan kelas di mana pembelajan
dilaksanakan.
Dalam melakukan refleksi, Anda sebaiknya juga berdiskusi dengan
sejawat Anda, untuk menghasilkan rekonstruksi makna situasi pembelajaran kelas
Anda dan memberikan dasar perbaikan rencana siklus berikutnya. Refleksi
memiliki aspek evaluatif; dalam melakukan refleksi, Anda hendaknya
menimbang-nimbang pengalaman menyelenggarakan pembelajaran di kelas,
untuk menilai apakah pengaruh (persoalan yang timbul) memang diinginkan, dan
memberikan saran-saran tentang cara-cara untuk meneruskan pekerjaan.
Tetapi dalam pengertian bahwa refleksi itu deskriptif, Anda meninjau ulang,
mengembangkan gambaran agar lebih lebih hidup (a) tentang proses pembelajaran
kelas Anda, (b) tentang kendala yang dihadapi dalam melakukan tindakan di
kelas, dan, yang lebih penting lagi, (c) tentang apa yang sekarang mungkin
dilakukan untuk para siswa Anda agar mencapai tujuan perbaikan pembelajaran.
PTK Anda merupakan proses dinamis, dengan empat momen dalam spiral
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Proses dasar tersebut dapat
diringkas sebagai berikut (Kemmis dkk. (1982). Dalam praktik, proses PTK Anda
mulai dengan ide umum bahwa Anda menginginkan perubahan atau perbaikan
pembelajaran di kelas Anda. Inilah keputusan tentang letak di mana dampak
tindakan itu mungkin diperoleh.
Setelah memutuskan medannya dan melakukan peninjauan awal, Anda bersama kolaborator sebagai peneliti tindakan memutuskan rencana umum tindakan. Dengan menjabarkan rencana umum ke dalam langkah-langkah yang dapat dilakukan, Anda memasuki langkah pertama, yakni perubahan dalam strategi yang ditujukan bukan saja untuk mencapai
perbaikan, tetapi juga pemahaman lebih baik tentang apa yang mungkin dicapai
kemudian.
Sebelum mengambil langkah pertama, Anda harus lebih berhati-hati dan merencanakan cara untuk memantau pengaruh langkah tindakan pertama, keadaan kelas Anda, dan apa yang mulai dilihat oleh strategi dalam praktik. Jika mungkin mempertahankan pencarian fakta dengan memantau tindakannya, langkah pertama diambil. Pada waktu langkah itu dilaksanakan, data baru mulai masuk, dan keadaan, tindakan, dan pengaruhnya dapat dideskripsikan dan dievaluasi. Tahap evaluasi ini menjadi peninjauan yang segar yang dapat dipakai untuk menyiapkan cara untuk perencanaan baru (Kemmis dkk., 1982: 6-7).
‘information gap’ dengan menggunakan permainan dan bermain peran.
Tugas ‘information gap’ merujuk pada tugas di mana terdapat kesenjangan yang
mesti ditutup oleh siswa yang satu dengan cara berkomunikasi dengan siswa
lainnya. Teknik tugas ini mencakup permainan bahasa, bermain peran, dan
simulasi, mulai dari teknik-teknik semi-terbimbing untuk pelajar tingkat pemula
dan menengah sampai teknik bebas (tanpa bimbingan) untuk pelajar tingkat
lanjut.
Rencana di atas dilaksanakan dan direkam prosesnya, kemudian
berdasarkan data dilakukan refleksi, yang menghasilkan permasalahan baru, yaitu
bahwa hanya sebagian kecil siswa menjadi aktif dengan tugas ‘information gap’
tersebut, sedangkan sebagian besar siswa tampak takut salah, cemas dan malu
berbicara dalam bahasa Inggris.
Maka, dalam tindakan kedua direncanakan untuk melakukan sesuatu yang dapat mengurangi rasa takut salah, kecemasan, dan rasa malu. Rencana ini dilaksanakan dan direkam prosesnya, kemudian dilakukan refleksi untuk melihat sejauh mana perubahan dicapai lewat tindakan kedua.
Begitu seterusnya, siklus-siklus tindakan berlanjut sampai perubahan yang
diinginkan dicapai dengan catatan bahwa tidak mungkin dicapai ketuntasan
perubahan karena situasi dan kondisi kelas berubah terus secara dinamis.
Berikut Dengan Detail Menjelaskan PRODUK Obat Kuat PASUTRI Legal, Herbal, Rekomendasi Boyke dan Co :
- Obat Kuat GASA Bikin Tegang/Ereksi Kuat Atasi Impotensi, Herbal Mengatasi Lemah Syahwat, Aman, Resmi BPOM
- Obat Kuat Foredi GEL Bikin Tahan Lama Berhubungan Intim FOREDI Gel Herbal Oles, Terlaris di Internet, Aman, Rekomendasi Boyke
- LADYFEM Khusus Cewek Herbal Istimewa! Untuk Atasi Masalah Kewanitaan, Solusi Wanita FRIGID, Kurang Bergairah, Sulit Orgasme
- TISU MAJAKANI Bikin Keset, Wangi, Atasi Keputihan, dst... Tisu Majakani by Boyke and Co, Spesial Untuk Organ Intim Wanita, Agar Lebih Elastis, Kesat dan Wangi
- Pengencang Payudara, Bikin Payudara Gadis Kencang, Sehat, Indah
Cream Bikin Kencang Payudara, Sehat dan Indah! Cocok Buat Anda Yang Suka Perawatan Tubuh!
3 Comentários:
Tindakan kelas sebagai potensi untuk diteliti, emang menajdi ladang yang sangat membutuhkan keseriusan,...
makasih broo....
thanks....
dari memikat wanita idaman anda....
hahahaha
nice blog
Posting Komentar